Senin, 21 Desember 2009

Kliping Mas 3 Maret dan 13 Maret 2009

Harga Tinggi, Pembelian Emas Merosot

Selasa, 3 Maret 2009 | 19:31 WIB
Laporan wartawan Gregorius Magnus Finesso

BANDUNG, SELASA — Harga logam mulia jenis emas mengalami lonjakan harga yang sangat signifikan sejak awal 2009. Hal ini membuat angka penjualan emas dari masyarakat mengalami kenaikan, sedangkan pembelian oleh masyarakat menurun hingga 50 persen.

Buana Tanujaya, pemilik toko emas Buana di bilangan Jalan Jendral Ahmad Yani Kota Bandung, mengatakan, fluktuasi harga emas ini sudah mulai terjadi sejak awal tahun ini. Perubahan harganya bisa terjadi setiap hari sehingga dia mengaku sulit menentukan besaran kenaikannya.

"Tentu ketidakpastian harga ini berdampak pada omzet yang kami terima. Mungkin penurunan omzet terjadi hingga 50 persen karena masyarakat juga bingung untuk menginvestasikan uangnya di sektor emas perhiasan," kata Buana, Selasa (3/3) di Bandung.

Meski memiliki kecenderungan naik, lanjut dia, harga emas justru mengalami penurunan sejak tiga hari terakhir. Dia menambahkan, pergerakan emas terakhir terjadi kemarin dan berada di kisaran Rp 265.000/gram untuk emas perhiasan dan Rp 368.000/gram untuk emas batang. Harga ini sangat jauh berbeda dengan fluktuasi pada akhir 2008.

Buana menjelaskan, kondisi ini membuat tingkat penjualan di tempatnya mengalami penurunan hingga 50 persen. Angka ini diyakini juga terjadi di semua tempat penjualan logam mulia jenis ini. Kendati demikian, angka penjualan emas dari masyarakat ke tokonya mengalami lonjakan hingga 30 persen dari biasanya.

Menurunnya angka penjualan dan meningkatnya pembelian yang dilakukan toko-toko penjualan emas, kata dia, sudah mulai terjadi sejak dua pekan silam ketika fluktuasi harga emas mengalami lonjakan yang cukup signifikan.

Naik turunnya harga emas ini dipengaruhi oleh pasar dunia yang berpusat di Amerika Serikat dan London. Jadi, harga emas yang kini berlaku di Indonesia mengacu kepada harga dunia. "Ketika harga dunia mengalami kenaikan, maka tidak heran banyak masyarakat yang menjual emas milik mereka meskipun tidak terlalu membutuhkan uang tunai," jelas dia.


Harga Emas Terus Naik

Jumat, 13 Maret 2009 | 10:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Harga emas di pasar internasional terus menguat menjauhi level 900 dollar AS per troy ounce.

Di New York Mercantile Exchange, Kamis (12/3) waktu setempat, harga emas untuk pengiriman sekarang ditutup pada 923,70 dollar AS per troy ounce, naik dibandingkan penutupan Rabu di posisi 910,40 dollar AS.

Sementara itu, untuk pengiriman April logam mulia ini bertambah 13,30 dollar AS menjadi 924 dollar AS per ounce.

Penguatan harga emas juga terjadi pada awal perdagangan Jumat di Hongkong. Seperti dikutip AFP, harga emas dibuka pada 923,00-924,00 dollar AS per ounce, bertambah dibandingkan penutupan sebelumnya, 912,50-913,50 dollar AS.

Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut